Advertisement

PERANAN ROH KUDUS

Yohanes 14:15-26

Ayat 15, Ayat Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Ayat 16, Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

I. ROH PENOLONG (parakletos)

Parakletos diartikan orang yang selalu ada disamping. Roh Kudus diutus untuk mendampingi kita. Apapun keadaan yang kita hadapi Roh Kudus tetap mendampingi kita. Itulah tugas sebagai penolong!

A. Intercessor (perantara)
Roh Kudus menjadi perantara antara kita dengan Allah. Roh Kudus menjadi pemohon untuk kita kepada Allah. 

Roma 8:28, "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan."

B. Consoler (penghibur)
Sebagai penolong, Roh Kudus juga menghibur kita. Ciri penghibur adalah mendengar dengan setia! Roh Kudus memiliki wkt untuk mendegarkan kita. Saat kita tertekan, Roh kudus menghibur kita. Orang yang tertekan tidak selamanya orang miskin, tidak tepelajar, tidak gagah/cantik.. Orang yang tertekan adalah:
1. Orang yang selalu jatuh dalam dosa yang sama.
2. Orang yang tidak diterima.
3. Orang yang dilukai beulang-ulang.

C. Advocate (pembela)
Sebagai pendamping kita Roh Kudus siap membela kita. Saya bisa membayangkan  RK sebagai lawyer, tapi lawyer yang ini beda. Tidak terima suap, tidak membenarkan yang salah dan tidak menyalahkan yang salah. Namanya saja Roh Kudus pasti selalu berhubungan dengan hal-hal yang kudus dan benar.

Ayat 17, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

II. ROH KEBENARAN

Satu hal yang kita hrs tahu bahwa tidak semua orang mengenal Roh Kudus, bahkan banyak orang percaya yang tidak mengenal dia. 

Mengapa, karena:
A. Banyak orang tidak mau menerima DIA
Alasannya berfariasi, masih mau hidup dalam dosa dan tidak mau bertumbuh dll. Menerima Roh Kudus sebagai pribadi yang punya perasaan. Banyak kali orang menolak Roh Kudus.

B. Banyak orang tidak melihat DIA
Kata melihat lebih kepada mengalami. Orang tidak akan mengenal Roh Kudus kalau tidak mau membiarkan hidupnya mengalami pengalaman bersama Roh Kudus.

Kita mengenal Roh Kudus karena DIA diam di dalam kita. Roh Kudustinggal di dalam kita dan DIA akan mengajarkan kita tentang KEBENARAN.

Yohanes 16:13, "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang."

Roh Kudus akan memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran! Bukan sebagian, bukan setengah-setengah tapi seluruh. Artinya kalau hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus kita akan mengerti firman Tuhan dan menaati firman Tuhan seluruhnya bukan sebagian saja atau setengah- setengah. Apa yang kita suka kita lakukan, apa yang tidak kita suka kita tidak lakukan. Sesuka hati kita saja! Tidak bisa seperti itu. 

Jangan menjadi orang Kristen yang hanya menaati firman Tuhan sebagian, sebab tidak ada tempat di Surga buat orang-orang yang hanya menaati firman Tuhan hanya sebagian

Roh akan memberitahukan kepadamu tentang akhir zaman! Mengapa saudara hrs tau tentang akhir zaman, spy kita hidup bijaksana. Hal2yang akan datang juga berbicara soal hal2 yang akan terjadi dalam hidupmu.

III. ROH YANG MEMBERIKAN KUASA

KPR 1:8, "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Murid-murid Yesus menjadi pribadi2 yang luar, berjalan dalam kuasa supranatural! Kuasa yang memberikan keberanian untuk membertikan Injil dan mengadakan tanda dan mujizat. Orang yang dipenuhi Roh Kudus akan melakukan banyak mujizat.

Dipenuhi oleh Roh Kudus tidak menjadikan kita menjadi supermen rohani tetapi menjadikan kita menjadi orang percaya yang rendah hati dan bertanggung jawab atas hidup ini. Hidup yang diberikan Tuhan adalah untuk melayani. Tujuan dipenuhi adalah kita dilengkapi untuk melayani Tuhan.

Posting Komentar

0 Komentar